Powered By Blogger

Minggu, 02 Oktober 2011

aute & sinekologi

Autekologi & Sinekologi

Fungsi ekosistem menunjukkan hubungan sebab akibat yang terjadi secara keseluruhan antar komponen dalam sistem. Ini jelas membuktikan bahwa ekologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya, serta dengan semua komponen yang ada di sekitarnya.
Di dalam ekologi tumbuhan ada dua bidang kajian, yaitu Autekologi dan Sinekologi.
a.    Autekologi, yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contoh autekologi misalnya mempelajari sejarah hidup suatu spesies organisme, perilaku, dan adaptasinya terhadap lingkungan.
b.    Sinekologi, yaitu ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. Misalnya mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari pola distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, suaka margasatwa, atau di taman nasional, dan lain sebagainya.
Salah satu contoh pendekatan ekologi tumbuhan dalam kajian sinekologi atau autekologi yaitu:
Hasil review.
Dari judul dan isi jurnal diatas dapat diketahui bahwa penulis/peneliti atas nama bapak Syamsul Hidayat . Termasuk golongan pendekatan ekologi tumbuhan dalam kajian sinekologi karena penulis mengindentifikasi kelompok organisme tumbuhan obat yang saling berinteraksi di daerah tertentu atau kawasan tertentu yaitu Hutan Taman Nasional Alas Purwo terletak di daerah Banyuwangi serta penulis/peneliti  menekankan pada bagaimana struktur,komposisi dan status tumbuhan di Taman Nasional Alas Purwo. Dimana status tanaman obat di Taman Nasional Alas Purwo termasuk salah satu kawasan yang menyimpan jenis-jenis tumbuhan obat langka dan tumbuhan berpotensi, diantaranya : Alstonia scholaris banyak ditemukan di samping tumbuhan merambat Piper retrofractum, Arcangelisia flava ditemukan cukup banyak namun penyebarannya tidak merata dan Parkia roxburghii  ditemukan kurang dari lima individu dewasa. Dari strukturnya, jenis-jenis tumbuhan obat langka ini tidak meyakinkan untuk dapat bertahan lama dialam.  Sementara komposisi jenis tumbuhan obat langka banyak ditemukan jenis-jenis pohon berkayu dan liana yang penyebarannya terbatas. Jadi jelas bahwa jurnal ini mengandung filosofis, deskriktif dan deduktif dimana merupakan ciri-ciri khusus kajian sinekologi.

4 komentar:

  1. bagy yang mw lihat jurnalnya bisa Klik di judulnya.. langsung.

    BalasHapus
  2. mksih... memang sruh dua duanya kah?

    BalasHapus
  3. saya sudah baca blog anda,tpi say masih bingung atas alasn knp penelitian tersebut tergolong dalam pndeketan sinekologi, bsa diperjlas lgi gak?

    BalasHapus