Powered By Blogger

Jumat, 06 Januari 2012

jurnal ektum 09


Judul Jurnal Belajar Ekologi
refleksi dari kelompok 09
EKOSISTEM


Pada hari selasa giliran kelompok 09 memepresentasikan hasil kerja mreka. Dimana bertemapt di Laboratorium Biologi. Beranggotakan Martha,Linata,Wanti dan Lita. Presentasi pertama dilakukan oleh leli yang menjelaskan ruang lingkup ekosistem. Ekosistem pertama kali dijabarkan oleh Tansley, dlam ekosistem terdapat system tertutup dan terbuka dengan struktur komponen ekosistem yang terdiri dari Biotik & Abiotik. Selain itu, dlam ekosistem terdapat produsen, konsumen dan decomposer.
Pada presenter kedua yaitu saudara wanti menjelaskan bagaimana siklus-siklus dalam ekositem diantaranya;  Aliran energy; diawali dari energy Cahaya Matahari diperlukan produsen untuk proses fotosintesis à Konsumen I à Konsumen II -à Konsumen III à pengurai / Dekomposer. Dan Siklus Nitrogen dan Sulfur, dlam siklus kedua ini ada suatu bantuan dari bakteri pengurai Nitrifikasi dan Biosulfur yang dapat mempercepat siklus dalam ekosistem. Selain itu, juga terdapat siklus CO / Karbondioksida dan O2  / oksigen .
Pada presenter ketiga yaitu Lianata menerangkan produktivitas dalam suatu ekosistem. Produktivitas terbagi jadi 2 yaitu: 1). Produktivitas Primer (kotor/PPK dan bersih/PPB) dan produktivitas sekunder. Sproduktivitas dalam suatu ekosistem juga terdapat daya dukung yang dapat dikatkn bahwa ekosistem itu produktivitas atau tidak.
Dilanjutkan pada presenter terkahir yaitu Lita, menjelaskan bagaiman metode penentuan produktivitas yang telah dijelaskan oleh presenter sebelumnya dan memberikan suatu contoh produktivitas dalam suatu ekosistem yang ada.
Setelah presentasi usai ada suatu pertanyaan dari audiens , 1) veni yang menanyakan apa maksud dari produktivita primer kotor dan bersih ???? saudari wanti perwakilan dari presenter menejleaskan PPK merupakn  seluruh bahan organic yang dihasilkan dari proses fotosintesis pada organism autotrof, sedangkan PPB merupakan sisa energy produktivitas kotor yang bru disimpan. 2) Httahin pertanyaan ini cukup menggelitik karena yang ditanyakan  adalah dalam proses fotosintesis kenpa pada buku yang berbeda ada buku yang menambhakan energy setalah proses fotosintesis dan ada yang tidak! Apakah senergi itu sama dengan energy yang diperlukan untuk proses pembentukan glukosa dalam fotosintesis ??? saudari linata menjlaskan bahwa setelah proses pembentukan gukosa dalam fotosintesis terdapt penambahan tulisan energy atau tidak, karena yang dihasilkan dlam fotosintesis adalah enrgi untuk proses metabolism tumbuhan. Sedangkan enegi yang satunya adalah energy cahaya yang membantu proses pembentukan glukosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar