Powered By Blogger

Senin, 28 November 2011

Jurnal Belajar Ektum 01

Jurnal Belajar Ekologi
refleksi dari kelompok 01 
Pengertian Dasar Dalam Ekologi Tumbuhan

Dari hasil persentasi kelompok 01 didapatkan hasil refleksi sbagaiberikut ;
Bahwa konsep ekologi pertama kali dikenalkan oleh Ernest Haeckel yaitu berasal dari kata Oikos = rumah dan logos =ilmu . sedangkan berdasarkan istila berarti ilmu yang mempelajari tentang rumah tangga makhluk hidup. tujuan dari adanya ekologi tumbuhan menurut kelompok 01 adalah  dapat mengetahui teknik dan cara yang tepat untuk memanfaatkan apa yang ada di dunia. sesuai firman Alloh  Q.S Al-Kahfi ; 45

Sejarah dan Perkembangan ilmu ekologi di beberapa macam diantaranya ekologi evolusi, ekologi kamunitas terdiri dari vegetasi hewan dan abiotik, serta ekologi-ekologi lainya.

Pendekatan dalam ekologi terdiri dari sinekologi dan autekologi (klik sine dan autekologi untuk mengatahui arti makna tersebut)

Manfaat dan Aspek terapan Ekologi tumbuhan
1. Bidang pertanian 
2. Bidang kehutanan ; dapat dilakukan dengan memperbaiki klasifikasi lahan hutan dengan klasifikasi ulang, melakukan pengelolhan hutan secara kelanjutan (sistem agroforesty). reboisasi dan rehabilitasi hutan.
agroforesty di bagi menjadi beberapa = a) agrosilvikultur adalah gabungan lingkungan hutan dengan pertanian (khutanan + pertanian), b) silvopastur adalah gabungan lingkungan hutan dan peternakan (kehutanan + peternakan), c) Framforesty adalah terdiri beberapa kawasan peratanian yang diselingi dengan penanaman pohon, d) Hutan serba guna merupakan lingkungan hutan yang banyak ditumbuhi selain pohon berkayu juga terdapat tanaman obat serta tanaman yang dapat dimkan (pangan) dan sebagai tempat peternakan
3. Bidang perkotaan ; dapat dilaksanakn dengan adanya Hutan kota yaitu hutan atau sekelompok pohon yang tumbuh di dalam kota atau pinggiran kota. Dalam arti yang lebih luas bisa berupa banyak jenis tanaman keras atau pohon yang tumbuh di sekeliling pemukiman. Hutan kota bisa merupakan hutan yang disisakan pada perkembangan kota atau sekelompok tanaman yang sengaja dibuat untuk memperbaiki lingkungan kota.
4. Bidang perairan ; dengan adanya budidaya air dapat membantu menekanya angka polusi yang lebih kecil


evaluasi ; menurut saya kelompok 01 sudah cukup baik dalam mempersentasikan hasil kinerja dalam kelompok, namun dalam menyajikan kepada audiens diharapkan penyaji dapat menguasai materi yang kan dipersentasikan agar dalm penyajian tersebur lancar dan tidak banyaka menimbulkan suatu kesan yang gak dipahami oleh audiens contoh pada penyaji ke-4. kemudian konsep2 dasar dlam pengertian dan perbedaan  hutan kota dan ruang terbuka serta penghijaun masih belum dapat dijelaskan secara maximaloleh penyaji....

Buat kelompok 01 Mantap dan Sukeses selalu... tetep semangatz.



2 komentar:

  1. ahaha jadi mallu :P
    sedikit mengklarifikasi , bahwa hutan kota termasuk kedalam ruang terbuka hijau.. nah hutan kota sendiri memiliki bentuk-bentuk seperti yang sudah dijelaskan pemateri k-4. penghijauan yang menjadi pertanyaan saudara ilham masuk kedalam jalur hijau (salah satu bentuk hutan kota) :) dimana penghijauan dilakukan dimana-mana contohnya di area jalan raya :)

    BalasHapus
  2. hemz..... terimaka kasih saudara hendy, dengan bgc saya jadi lebih paham tentang hutan kota itu apa....

    BalasHapus