Powered By Blogger

Minggu, 18 Desember 2011

jurnal belajar ektum 03


Jurnal Belajar Ekologi
refleksi dari kelompok 03
Pengaruh Cahaya dan Suhu Trehadap Proses Pertumbuhan Tanaman (Lingkungan Abitoik)

Dari hasil presentasi kelompok 3 berjudul “Pengaruh Cahaya Dan Suhu trehadap Proses Pertumbuhan Tanaman” yang di susun oleh teman saya yaitu Eka, Veni dan, Prieska. Dari hasil diskusi yang dapat peroleh bahwa cahaya dan suhu itu sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman, yaitu dapat kita lihat pada proses fotosintesis tnaman.Selain itu, cahaya juga merupakan sumber ekosistem di bumi. Cahaya juga dapat mempengaruhi struktur dan bentuk tubuh tumbuhan (morfologi) sehingga sering disebut juga fotomorfogenetis. Empat penerima cahaya dalam tumbuhan : Fitokrom, Penerima cahaya UV-B, Protoklorofilida a, kriptokrom. Diantara empat penerima cahaya tersebut dapat diuaraikan bahwa fitokrom paling kuat menyerap cahaya merah dan merah jauh maupun biru, kriptokrom sekelompok pigmen yang serupa mampu menyerap cahaya biru dan panjang gelombang ultraviolet 320-400 nm, Penerima cahaya UV-B, Protoklorofilida a pigmen cahaya yang menyerap cahaya merah dan biru  dan bisa tereduksi menjadi klorofil Aa.
Respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran biasa disebut dengan Fotoperiodisme. Lamanya penyinaran relatif antara siang dan malam dalam 24 jam akan mempengaruhi fungsi dari tumbuhan secara luas. Berdasarkan panjang hari, tumbuhan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
         Tumbuhan hari pendek
         Tumbuhan hari panjang
         Tumbuhan hari sedang
         Tumbuhan hari netral

Fototropisme terdapat dua macam yaitu Fototropisme positif dimana ujung batang tumbuhan membelok ke arah datangnya cahaya sedangkan Fototropisme negatif dimana ujung akar menjauh dari datangnya cahaya.
Suhu merupakan faktor lingkungan yang dapat berperan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisme hidup.   Pertumbuhan tumbuhan bergantung pada beberapa faktor yaitu : Suhu minimum, Thermoperiodisme, Vernalisasi dan kerusakan tanaman terhadap suhu ekstrim.
Pada kelompok 3 Penyampaian isi power point sudah cukup bagus, akan tetapi diharapkan bahwa pemateri agar lebih menguasai tentang materinya sehingga tidak terjadi kesalahan konsep atau kesalahan pengucapan yang mengakibatkan kesalahan arti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar