Powered By Blogger

Minggu, 25 Desember 2011

jurnal Ektum 05



Jurnal Belajar Ekologi
refleksi dari kelompok 05
LINGKUNGAN BIOTIK DAN ABIOTIK
(Faktor Edatik Tanah, Topografi, Faktor Lingkungan Biotik dan Interaksin)

            Pada kali ini kelompok kami yang mendapat giliran presentasi tentang “faktor edafik tanah, topogarfi, faktor lingkungan biotik dan interaksinya” yang beranggotakan saya sendiri(ilham), Nenni, Susanaminah, A’yun. Presentasi kami berjalan cukup lancar tanpa ada suatu kendala dan SERSAN (serius dan santai). Pada presenatsi kami awal mula di presenatsikan oleh saudari Nenni mengenai faktor edafik tanah (tanah dan bahan tanah;tanah sebagai medium;fisika tanah;), Susanaminah menjelaskan tentang faktor edafik tanh bagian Kimia tanah (pH tanah, kandungan bahan organik dan Anorganik dalam tanah,Kejenuhan basa), dan A’yun juga menerangkan tentang faktor edafik tanah mengenai Organisme dalam Tanah dan Profil Tanah (harizon ; O,A,E,B,C,R) , sedangkan saya sendiri menjelaskan Topografi tanah serta Faktor Lingkungan Abiotik dan Interaksinya…..
            Pada sesi tanya jawab kami mendapat 2 pertanyaan dari audiens, diantaranya:         
  1. Mengapa pada seatiap lapisan Horizon O, E,A,B,C,R memiliki kadnungan mineral yang berbeda beda ? pertanyaan ini dapat dijelsakn oleh teman saya dengan baik oleh Nenni dan A’yun serta Susan bahwa smaikin kedala lapisan akan memiliki kandungan yang berbeda sebab pada setiap lapisa terjadi  penyaringan dan penyerapan oleh tumbuhan. diantaranya yaitu lapisan R(tidak mengandung mineral, mengandung batu-batu kerikil), A(humus), E(silikat, besi, eluminiuim), C(hanya terdiri dari sedimen), dll.
  2. Mengapa semakin ke bawah lapisan tanah semakin sedikit organismenya dan pada lapisan apa akar bisa menembus pada kedalaman tanah?” Pemateri A’yun menjawab yaitu karena unsur mineral tanah semakin sedikit untuk kelangsungan hidup organism. Kemudian saya ilham menambahkan bahwa pada horizon B saja unsur anorganik yang dibutuhkan tanaman semakin dikit  sehingga akar tanaman hanya bisa bertahan dan menancap pada horizon E saja ,  kalaupun ada itu hanya pada tanaman tanaman tertentu. Dalam hal ini, juga penancapan akar dipengaruhi oleh penembusan peresapan air yang mempengaruhi struktur tanah itu sendiri.

Sekian dari kelompok kami ada salah Khilafnya mohon maaf dan terimakasih pada para audiens teriring doa “Jazakumullohu Khoiroti Wa Sa’adatiddunya Wal akhiroh” Wassalamua’alaikum Wr. Wb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar